ilustrasi kredit mobil

Tips Aman Kredit Mobil

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk mengajukan kredit mobil? Mengajukan kredit mobil memang bisa dijadikan salah satu pilihan untuk memiliki mobil sendiri.

Namun, perlu diingat kalau demi keamanan sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal sebelum mengajukan kredit mobil.

Berikut ini, akan Kami bagikan beberapa tips aman kredit mobil yang bisa menjadi referensi Anda.

  • Uang Muka

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dan ketahui adalah jumlah uang muka yang perlu Anda bayarkan. Hal ini penting, mengingat  nantinya akan memberi pengaruh kepada besarnya bunga serta cicilan yang perlu Anda bayarkan setiap bulannya.

Selain uang muka, Anda perlu juga memperhatikan biaya lain seperti administrasi.

  • Kemampuan Finansial 

Sebelum mengajukan kredit mobil, Anda perlu memastikan kalau situasi finansial Anda sedang dalam keadaan baik. Sebab, memiliki tanggungan kredit artinya Anda memiliki tanggung jawab lain untuk dibayarkan setiap bulannya.

Anda juga perlu memastikan kalau data kredit Anda telah diupdate sehingga memuat informasi paling baru.

Data kredit yang belum di update sering kali menjadi ganjalan dalam proses pengajuan kredit.

  • Pahami Prinsip 5C

Anda juga perlu untuk memahami prinsip 5C. Prinsip 5C merupakan sebutan untuk prinsip yang dipakai dalam proses analisa kredit yang umum digunakan oleh lembaga jasa keuangan.

Isi dari prinsip 5C adalah character,capacity, capital,collateral dan condition.

Arti dari character adalah kepribadian. Artinya lembaga jasa keuangan akan melihat apakah Anda memiliki sikap baik untuk menyelesaikan tanggung jawab.

Capacity artinya adalah kecakapan Anda dalam mengelola keuangan milik Anda. Capital maksudnya adalah nilai aset yang Anda miliki. Arti dari collateral nilai dari jaminan yang diberikan. Kemudian yang terakhir adalah condition, yaitu faktor luar yang mempengaruhi Anda misalnya kondisi keuangan negara atau usia.

  • Lembaga Pembiayaan

Ketika ingin mengajukan kredit mobil, sungguh penting bagi Anda untuk memperhatikan kualitas dari lembaga pembiayaan.

Perlu diketahui kalau proses pengajuan kredit melalui bank umumnya lebih lama serta lebih rumit. Namun proses kredit lewat bank memiliki suku bunga yang lebih rendah.

Sementara proses pengajuan kredit yang dilakukan melalui lembaga pembiayaan akan lebih cepat, tetapi memerlukan biaya yang lebih banyak.

  • Skema Keuangan Baru

Seperti yang telah disebutkan, mengajukan kredit mobil artinya Anda akan memiliki tanggung jawab baru. Oleh karena itulah, Anda perlu menyesuaikan skema keuangan dengan pengeluaran baru Anda ini

Hal ini sangat penting supaya proses pembayaran kredit Anda tetap bisa berjalan tanpa perlu melupakan kebutuhan sehari-hari Anda dan juga keluarga.

Itulah beberapa tips aman untuk mengajukan kredit mobil. Kredit mobil memang bisa membantu Anda untuk memiliki mobil baru, tetapi perlu diingat kalau ada tanggung jawab yang perlu dilakukan dibaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.