ilustrasi harga genset murah

Selain Harga Genset Murah, Tips Memilih Genset juga Perlu Anda Perhatikan

Ada banyak sekali merk genset yang bisa Anda temukan di pasaran dengan harga yang cukup beragam, mulai dari harga genset murah dan terjangkau, hingga genset dengan harga cukup mahal. Tentunya mahal atau murahnya genset bergantung pada beberapa faktor, bisa karena kapasitas listriknya yang berbeda, jenis gensetnya, tipe gensetnya, atau hal lainnya.

Kapasitas Genset

 Terdapat berbagai jenis mesin genset yang bisa Anda temui, tapi yang paling banyak ada di pasaran adalah mesin genset diesel, mesin genset bensin, dan mesin genset portable. Ketiga jenis genset tersebut memiliki spesifikasi masing-masing, termasuk pada kapasitas genset itu sendiri.

Seperti pada mesin genset diesel yang memiliki kapasitas mulai dari 5KW (5000 Watt) hingga 2 MW (2.000.000 Watt), mesin genset bensin dengan kapasitas maksimal 10KW (10.000 Watt), dan mesin genset portable dengan kapasitas 650 Watt hingga 10.000 Watt.

Tips Memilih Genset

Tidak hanya memperhatikan harga genset murah saja, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut saat akan membeli genset.

  1. Kapasitas genset

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, genset dengan jenis mesin yang berbeda juga memiliki kapasitas yang berbeda, maka dari itu, Anda perlu menyesuaikan dengan total dari kebutuhan listrik, misalkan Anda membeli genset untuk keperluan industri rumahan, hitung dulu kebutuhan semua peralatan listrik yang ada di rumah industri tersebut, baru setelah itu Anda membeli genset yang kapasitas listriknya lebih besar dari daya listrik total yang Anda butuhkan berdasarkan hasil perhitungan.

  1. Tipe genset

Secara umum, genset terdiri dari dua tipe, yakni tipe silent dan tipe open. Keduanya bisa Anda pilih sesuai dengan keperluannya masing-masing. Jika Anda membeli genset untuk pabrik atau tempat industri dan mencari harga yang lebih murah dari tipe lainnya, lebih baik gunakan genset tipe open saja. Namun jika Anda memerlukan genset untuk rumah sakit, hotel atau tempat lain yang perlu ketenangan, lebih baik pilih genset tipe silent yang tidak terlalu berisik karena suaranya sudah teredam.

Selain kedua tipe tersebut, ternyata ada juga genset tipe mobile yang memiliki ukuran lebih kecil dari tipe open maupun tipe silent, genset tipe yang satu ini juga  bisa dibawa kemana-mana  karena sudah dilengkapi dengan roda dan casis.

  1. Kualitas

Jangan lupa perhatikan juga kualitas genset yang akan dipilih, perhatikan kejelasan jaminan garansi, certificate of origin mesin, dan mudah atau tidak untuk mendapatkan suku cadang jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan. Jangan sampai Anda membeli genset yang suku cadangnya sulit ditemukan, karena akan mempersulit semua aktivitas Anda yang memerlukan genset.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli genset selain harga genset murah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.