ilustrasi cicilan kredit mobil

Mau Cicilan Kredit Mobil Baru atau Bekas?

Persoalan penting dalam kredit mobil, Anda ingin produk baru atau bekas? Persyaratan penting yang dibutuhkan dalam jenis pembiayaan memang serupa, namun ada perbedaan ingin mengambil cicilan mobil baru atau bekas. Sebelum mengambil cicilan kredit mobil, Anda harus menentukan terlebih dahulu ingin mobil bekas atau baru. 

Memperhatikan Perbedaan Harga Mobil

Memang jelas ada perbedaan antara harga mobil baru dan juga mobil bekas. Mobil merek X yang keluar tahun produksi terbaru dibandrol dengan harga sekitar Rp 250 juta. Sedangkan untuk versi bekas yang usianya sudah tua akan dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau sekitar Rp 100 juta. Sudah tahu kan perbedaan harga mobil bekas dan baru, bukan? 

Memperhatikan Biaya Pemeliharaan dan Kondisi Mobil

Mobil baru memang lebih menguntungkan namun masih dalam kondisi prima. Biaya pemeliharaan mobil juga lebih relatif minim pada bulan pertama. Anda bisa memanfaatkan beragam layanan servis gratis dari bengkel resmi. Namun, berbeda halnya jika Anda menjatuhkan pilihan pada mobil bekas. Silahkan teliti mengenai kondisi mobil sebelum mulai membeli, sehingga hal itu sifatnya wajar dalam pembelian mobil bekas. 

Besar Kredit atau Pokok Pinjaman

Perlu Anda ketahui, perbedaan harga mobil bisa mempengaruhi besarnya pokok pinjaman atau kredit yang perlu dibayarkan. Sebelum menggunakan cicilan kredit mobil, maka pengguna bisa mempertimbangkan harga mobil yang lebih mahal. Cicilannya per bulan otomatis akan jauh lebih tinggi dibandingkan harus mencicil mobil bekas. 

Jenis Asuransi

Asuransi mobil lazimnya sudah sepaket dengan kredit mobil. Status mobil tentunya akan berpengaruh pada jenis asuransi yang melekat dalam produk pembiayaannya. Kredit mobil baru dibekali dengan asuransi All Risk sehingga bisa berpengaruh pada total yang nantinya akan dibayarkan. Dalam kredit mobil bekas, asuransi Total Loss Only biasanya diterapkan untuk membuat beban biaya asuransi bisa lebih rendah. 

Penyedia Pembiayaan Kredit Mobil

Dealer mobil pada umumnya sudah menggandeng lembaga keuangan untuk menyediakan program kredit mobil. Cukup pilih mobil yang diinginkan kemudian pihak dealer akan mengurus semua proses kredit. Ketika membeli mobil bekas untuk perorangan, maka pengurus bisa mengajukan pinjaman secara terpisah. Apalagi saat ini sudah banyak lembaga keuangan yang menyediakan produk pembiayaan kredit mobil bekas. 

Memperhatikan Tingkat Suku Bunga

Tingkat suku bunga kredit mobil baru ataupun bekas tentu saja berbeda-beda. Suku bunga mobil justru biasanya akan lebih rendah dibandingkan dengan mobil bekas. Namun, hal tersebut biasanya tidak akan berpengaruh secara signifikan pada besarnya cicilan yang akan dibayarkan karena harga mobil bekas lebih rendah. 

Cicilan untuk kredit mobil bekas biasanya lebih murah dibandingkan dengan cicilan untuk kredit mobil baru. Jadi Anda bisa menyesuaikan cicilan kredit mobil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.