genset silent

3 Cara Menjalankan Mesin Genset Silent Diesel

Penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghidupkan atau menyalakan genset silent diesel. Karena dengan mengetahui hal tersebut, akan membuat genset jadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

  1. Dengan cara manual

Teknik menggunakan genset silent diesel yang satu ini biasanya untuk jenis mesin dengan kapasitas kecil, tepatnya kurang dari 30 PK.

Adapun cara menyalakannya adalah dengan memutar tuas engkol yang ada pada mesin secara konstan, hingga mesin mudah menyala dengan putaran yang stabil. Pada dasarnya teknik seperti ini tergantung dari operator yang menanganinya. Tidak ada perawatan atau cara khusus, lantaran Anda hanya perlu memutar tuas engkol untuk menghidupan mesin tersebut. Ini akan jadi cara yang terbilang praktis untuk penggunaan genset outdoor kapasitas kecil, yang sering berpindah pindah.

  1. Dengan cara starter elektrik

Teknik menyalakan genset starter elektrik adalah cara kedua yang dapat Anda gunakan. Biasanya digunakan untuk tipe genset diesel silent, dengan kapasitas 500 PK ke bawah. Teknik ini menggunakan motor DC sebagai penggerak dan juga menstart mesin diesel tersebut. Adapun daya dari motor DC tersebut yaitu accu 12/24 volt. 

Cara kerjanya adalah motor starter DC akan memutar mesin, setelah sebelumnya memperoleh arus listrik dari accu itu sendiri. Hingga akhirnya mesin memperoleh putaran yang lebih stabil, dan mulai menyala. Dalam hal ini accu yang digunakan harus mampu memberikan daya pada motor, untuk starter elektrik, minimal sebanyak 6 kali, sebelum akhirnya mengisi ulang.

Saat ini beberapa generator sudah dilengkapi dengan baterai charger, yaitu alat yang digunakan untuk mengisi ulang accu, ketika sudah kekurangan daya.

Jadi nantinya ketika genset diesel silent sedang tidak bekerja, accu ini akan tetap dapat mengisi dengan sumber daya yang diperoleh dari jaringan listrik yang ada. Sebagai catatan Anda perlu menggunakan sebuah pengaman tegangan, agar baterai charger akan mendeteksi, apakah accu sudah terisi penuh atau belum.  

  1. Dengan cara starter kompresi

Teknik ini biasanya digunakan untuk mesin diesel yang tenaganya lebih besar, dalam hal ini menggunakan motor dengan tekanan udara tinggi, guna memulai proses running genset.

Cara kerjanya adalah dengan cadangan udara yang ada dalam sebuah tabung, kemudian dikompresi, hingga jadi udara dengan suhu tinggi. Kemudian solar dimasukkan pada bagian fuel injection pump

Setelah terjadi proses pembakaran, maka tekanan udara akan turun, hingga batas minimum yang dibutuhkan oleh kompresor itu sendiri. Secara otomatis membuat tekanan udara pada tabung perlahan mencukupi, dan membuat genset jadi menyala.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menyalakan genset silent dari tipe diesel, secara aman dan membuat mesin jadi lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.