kredit usaha rakyat

Tiga Kelebihan KUR Atau Kredit Usaha Rakyat

Banyak bank yang memberikan layanan KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Bahkan keberadaan layanan KUR diklaim mampu membantu banyak UMKM dalam menjalankan usaha mereka. Nah mungkin Anda belum tahu apa saja keuntungan menggunakan KUR. Berikut adalah penjelasan selengkapnya terkait dengan keuntungan menggunakan layanan KUR dari bank.

Suku bunga pinjaman rendah

Sebelum adanya layanan Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Banyak orang mengajukan pinjaman melalui bank hingga rentenir. Karena terkadang bank memberikan besaran bunga yang cukup tinggi menjadikan beberapa orang memutuskan untuk tidak menggunakan jasa peminjaman uang dari instansi tersebut.

Bahkan mereka rela meminjam dari rentenir. Padahal jika dihitung rentenir juga memberikan bunga yang sama-sama besar. Namun untuk segi pencairan mungkin lebih mudah. Untuk saat ini juga sudah banyak para pengguna jasa pinjol atau pinjaman online.

Penyedia jasa pinjol biasanya akan memberikan kemudahan dalam proses pencairan dengan waktu yang cukup singkat. Namun untuk segi suku bunga juga terbilang cukup besar sekali. Bahkan ada beberapa kasus yang menyebutkan adanya oknum pinjol ilegal.

Melihat fenomena tersebut, pemerintah lalu meresmikan program peminjaman KUR. Dimana sebagian UMKM saat ini sudah bisa lebih mudah dalam menggembangkan usahanya tanpa perlu khawatir soal bunga tagihan yang terlalu tinggi atau membebani.

Pasalnya besaran bunga KUR biasanya 2 hingga 6 persen saja dengan sistem pengajuan yang begitu ramah bagi para pemilik UMKM. Tak heran jika saat ini banyak orang menggunakan layanan KUR.

Limit pinjaman cukup besar

Tak jarang kita sebagai nasabah memiliki kendala dalam proses pengajuan pinjaman. Misalnya adanya syarat pengajuan yang ribet, dana yang dipinjamkan tidak bisa cair dalam waktu singkat atau mungkin limit pinjaman dana yang tergolong terbatas.

Namun hadirnya KUR seakan-akan menjadi jawaban semua orang. Pasalnya KUR mampu memberikan suku bunga rendah namun juga bisa memberikan jumlah pinjaman atau limit pinjaman yang cukup besar. Dimana limit pinjaman KUR adalah mencapai 500 juta.

Perlu diketahui juga jika tak semua jasa pinjaman mampu memberikan limit sebesar angka tersebut. Mungkin bank bisa memberikan limit tersebut. Namun untuk suku bunga juga lebih besar. Adanya kelebihan yang diberikan oleh KUR. Tentunya para pelaku usaha mikro bisa lebih merasa aman untuk mengambil pinjaman besar tanpa takut terbebani bunga.

Syarat mudah

Dalam mengajukan pinjaman KUR tentunya juga sama seperti pengajuan pinjaman lainnya. Dimana ada beberapa syarat yang wajib dilengkapi terlebih dahulu agar dana yang akan dipinjam bisa cair dengan mudah.

Namun berbeda dengan jasa pinjaman lainnya. KUR juga memberikan persyaratan yang cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke penyedia layanan KUR dengan membawa beberapa persyaratan seperti fotokopi KTP, KK, serta NPWP. Selain itu, Anda juga wajib memiliki dan membawa Surat Keterangan Usaha (asli), pas foto 4×6, dan fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah.

Nah itulah tiga kelebihan yang dimiliki oleh layanan KUR atau Kredit Usaha Rakyat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.