Yang Perlu Anda Perhatikan, Sebelum Melakukan Simulasi Cicilan Mobil

Adanya simulasi cicilan mobil pastinya akan sangat membantu Anda, dalam mempersiapkan keuangan, sebelum nantinya mengajukan pinjaman atau melakukan kredit mobil. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan simulasi. Hal ini penting, agar Anda mengetahui cara mengajukan kredit secara baik, dan pastinya aman untuk keuangan Anda.  

Tentang besaran uang muka yang harus dibayar

Untuk besaran uang muka yang harus Anda bayar, ketika melakukan kredit mobil, tentunya tidak boleh sembarangan. Termasuk dalam perhitungan simulasi cicilan mobil, dimana hal tersebut sudah sesuai ketentuan dari Bank Indonesia, sebagai pemilik wewenang dalam mengatur kelancaran pembayaran uang.

Untuk uang muka atau Down Payment / DP, minimalnya antara 20% hingga 30%, dari harga mobil itu sendiri. Namun, hal tersebut belum termasuk biaya administratif dan juga aneka biaya lainnya.

Jenis jenis suku bunga untuk kredit mobil

Dalam hal kredit mobil, Anda juga akan dikenakan bunga dengan jumlah tertentu. Adapun jenis jenis suku bunga yang umum digunakan dalam pelaksanaan kredit mobil, yaitu :

  • Suku bunga tetap

Nilai bunga yang akan ditetapkan terbilang tetap, hingga jangka waktu tertentu. Contohnya ketika Anda mengambil tenor selama 4 tahun. Dimana besaran suku bunga akan berbeda pada 2 tahun pertama, dan 2 tahun terakhir.

  • Suku bunga flat

Ini adalah salah satu jenis suku bunga, yang paling sering digunakan oleh lembaga pembiayaan kredit. Dimana besaran suku bunga yang ditawarkan akan sama hingga akhir tahun.

  • Floating / suku bunga mengambang

Pada saat pihak debitur atau Anda, memilih lama tenor pelunasan yang terbilang cukup panjang. Biasanya sistem bunga akan beralih jadi bunga floating atau mengambang. Dimana besaran bunga akan disesuaikan dengan naik atau turunnya besaran suku bunga yang ada di pasaran.

Lama pinjaman / tenor

Tenor sendiri adalah lama cicilan kredit mobil yang Anda ajukan. Semakin pendek waktu tenor, maka akan semakin cepat pula, kredit akan berakhir. Namun resikonya uang cicilan yang harus dibayar relative cukup besar.

Demikian sebaliknya, jika lama tenor yang Anda ajukan terbilang panjang, misalnya saja 4 tahun. Sudah pasti waktu pelunasan juga terbilang lama. Namun kelebihannya adalah uang yang harus Anda bayar sebagai cicilan terbilang cukup ringan, dan tidak membebani keuangan keluarga Anda.

Demikianlah beberapa ulasan penting tentang beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum mengajukan simulasi cicilan mobil, untuk dapat membeli kredit sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.