kompor listrik

Ingin Membeli Kompor Listrik? Berikut Beberapa Tips Ketika Memilihnya

Kompor listrik sekarang mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Berbagai kemudahan dan keuntungan yang dimiliki oleh teknologi ini membuat banyak keluarga mulai berpindah dari kompor gas ke kompor listrik. Jika Anda adalah salah satunya, berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika memilih kompor listrik.

Sesuaikan Daya

Kompor listrik membutuhkan daya yang cukup besar ketika digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa daya listrik yang dibutuhkan oleh kompor listrik tersebut, dan pastikan bahwa daya listrik di rumah Anda akan sanggup mengoperasikannya.

Jangan sampai Anda membeli kompor listrik yang bagus dan berdaya besar, namun ternyata daya listrik rumah Anda tidak cukup. Hal ini tentu akan sangat merepotkan karena Anda harus mematikan peralatan elektronik yang lain setiap kali akan memasak.

Kompor Listrik Konvensional vs Induksi

Walaupun sama-sama ditenagai oleh listrik, ada dua jenis kompor listrik yang perlu Anda ketahui yaitu kompor listrik konvensional dan kompor listrik induksi. Perbedaan yang dimiliki kedua kompor ini cukup mencolok yaitu kompor listrik konvensional memiliki tatakan bulat untuk tempat menaruh alat masak, sedang kompor listrik induksi tidak memiliki ini.

Jika Anda memilih kompor listrik induksi, alat masak yang Anda butuhkan pun harus khusus untuk kompor induksi sehingga Anda tidak bisa menggunakan alat masak biasa. Walaupun sama-sama kompor listrik, Anda perlu memilih mana yang paling tepat untuk Anda.

Sesuaikan Ukuran dan Jumlah Tungku

Situasi yang paling ideal untuk memasang kompor listrik atau induksi adalah ketika rumah sedang dibangun sehingga Anda bisa menyiapkan ruang yang cukup. Namun jika Anda baru hendak berganti ke kompor listrik di rumah yang sudah jadi, maka pastikan ruang yang ada cocok dengan kompor listrik yang hendak dibeli.

Kompor listrik, sama seperti kompor gas juga umumnya terdapat yang bertungku satu dan dua. Jika Anda tinggal di rumah atau apartemen yang relatif sempit apalagi sendirian, maka tungku satu akan lebih baik karena hemat tempat dan juga lebih hemat daya.

Pastikan Garansi dan Beli Merk yang Terpercaya

Tips terakhir ketika Anda hendak membeli kompor listrik adalah pastikan Anda membeli dari merk yang sudah memiliki reputasi bagus. Hal ini sangat penting apalagi ketika ada masalah bahkan kerusakan yang Anda alami ketika menggunakan kompor listriknya.

Merk yang memiliki reputasi bagus dan terpercaya akan memiliki tim layanan yang responsif dan ramah sehingga bisa membantu Anda dalam kesulitan. Tidak hanya itu, merk yang terkenal dan terpercaya juga akan memberikan garansi yang membuat Anda bisa memperbaiki bahkan mengganti kompor listrik tersebut tanpa biaya tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.